Minggu, 01 Juli 2012

TUMBUHAN BERDASARKAN FUNGSINYA “ MINUMAN”



1.      Teh (Camellia sinensis)
Kingdom Plantae
Divisio Magnoliophyta
Classis Magnoliopsida
Ordo Theales
Familia Theaceae
Genus Camellia
Species Camellia sinensis L.
1.      Habitat : Dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis.
2.      Habitus : Tanaman perdu, dengan tinggi 5 cm – 10 cm.
3.      Deskripsi akar: Akarnya berupa akar tunggang yang berwarna putih kotor.
4.      Deskripsi batang : Batangnya berupa kayu berwarna coklat kehijauan yang tumbuh tegak dan bercabang-cabang dengan ujung ranting berambut.
5.      Deskripsi daun : Daunnya merupakan daun tunggal dengan warna hijau, yang tersebar dan kaku dengan bentuk elips yang ujung serta pangkalnya meruncing. Tepi daunnya bergerigi dengan panjang 12 cm – 14 cm dan lebar 3,5 cm – 4,5 cm. Pertulangan daunnya menyirip.
6.      Deskripsi bunga : Bunga berwarna putih dengan diameter 3 cm – 4,5 cm. Kelopaknya berbentuk mangkok berwarna hijau, dengan benang sari yang membentuk lingkaran. Pangkalnya menyatu dan melekat pada daun mahkota. Bagian dalam terpisah dengan tangkai sari yang panjangnya ± 1 cm berwarna putih kekuningan dan kepala sari berwarna kuning. Tangkai putiknya bercabang tiga dengan panjang ± 1 cm yang berwarna hijau kekuningan. Mahkota bunga berwarna putih yang berbentuk bulat dan tidak berbulu dengan pangkal yang berlekatan.
7.      Deskripsi buah : Buahnya berbentuk hampir kotak dengan tekstur yang keras. Diameter buah ± 23 cm, dimana ketika masih muda berwarna hijau dan ketika tua berwarna coklat kehitaman.
8.      Deskripsi biji : Biji dari Camellia sinensis ini berdiameter ± 1,5 cm, yang ketika masih muda berwarna kuning muda dan setelah tua berwarna coklat.
9.      Manfaat : Selain digunakan untuk membuat teh, umumnya dipakai sebagai obat diare dan pening.
2.      Cokelat (Theobroma cacao)
Kingdom Plantae
Divisio Spermatophyta
Classis Dicotyledoneae
Ordo Malvales
Familia Sterculiaceae
Genus Theobroma
Species Theobroma cacao L.
1.      Habitat : Habitat aslinya dadalah hutan tropis dengan curah hujan yang tinggi dan kelembapan yang tinggi dan relatif tetap.
2.      Habitus : Herba
3.      Deskripsi akar : Memiliki sistem akar tunggang yang akar lembaganya tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang-cabang menjadi akar0akar yang lebih kecil. Akar tunggan ini berbentuk kerucut panjang yang tumbuh lurus ke bawah dan bercababg-cabang banyak.
4.      Deskripsi batang : Batang berkayu yang umumnya keras dan kuat yang bercabang jauh dari tanah. Bentuk batangnya bulat dengan bagian bawah yang besar dan semakin ke atas semakin mengecil. Warna batangnya adalah coklat kotor.
5.      Deskripsi daun : Daunnya tipis menjangat, bentuk helaian daun bulat telur sungsang hingga lonjong dan berbulu pada tulang daun utamanya.
6.      Deskripsi bunga : Bunga  yang sempurna berukuran kecil dengan diameter maksimum 3 cm. Bunga dari Theobroma cacao merupakan bunga tunggal yang tampak terangkai karena umumnya sejumlah bunga muncul dari satu titik tunas.
7.      Deskripsi buah : Ukuran buah lebih besar dari bunganya, yang berbentuk bulat hingga memanjang. Buah terdiri dari 5 daun buah dan memiliki ruang yang di dalamnya terdapat biji. Warna buah Theobroma cacao ini ketika muda adalah hijau hingga ungu. Namun ketika telah masak, kulit luar buah biasanya berwarna kuning.
8.      Deskripsi biji : Bijinya berdaging dan berair dengan bentuk bulat telur yang berwarna coklat.. Bijinya terangkai pada plasenta yang tumbuh dari pangkal buah bagian dalam. Biji Theobroma cacao dilindungi oleh salut biji (aril) yang lunak dan berwarna putih yang umumnya disebut pulp.
9.      Manfaat : Biji dari Theobroma cacao ini berkhasiat sebagai obat wasir, pusing, tekanan darah rendah, obat cacing dan juga sebagai perangsang saraf.
3.      Kopi (Coffea arabica L.)
Kingdom Plantae
Divisio Magnoliophyta
Classis Magnoliopsida
Ordo Rubiales
Familia Rubiaceae
Genus Coffea
Species Coffea arabica L.
1.      Habitat : Umumnya berada di dataran tinggi di daerah tropis
2.      Habitus : Herba
3.      Deskripsi akar : Merupakan akar tunggang dengan perakaran yang dangkal, dan oleh karenanya tanaman ini mudah mengalami kekeringan pada kemarau panjang.
4.      Deskripsi batang : Batang tanaman Coffea arabica berkayu, keras dan tegak berwarna putih keabu-abuan.
5.      Deskripsi daun : Daunnya bulat telur dengan ujung agak meruncing. Daun tumbuh berhadapan pada batang, cabang, dan ranting-rantingnya. Pertulangan daun menyirip.
6.      Deskripsi bunga : Bunga kopi berukuran kecil, dengan mahkota berwarna putih dan berbau harum semerbak. Kelopak bunga berwarna hijau, pangkalnya menutupi bakal buah yang mengandung dua bakal biji. Benangsarinya terdiri dari 5-7 tangkai yang berukuran pendek.
7.      Deskripsi buah : Buah terdiri dari daging buah dan biji. Daging buah terdiri atas 3 bagian lapisan kulit luar (eksokarp), lapisan daging (mesokarp), dan lapisan kulit tanduk (endokarp) yang tipis tetapi keras. Buah kopi umumnya mengandung dua butir biji. Kulit buah ketika muda berwarna hijau, dan ketika sudah tua akan berubah menjadi berwarna kuning dan kemudian merah.
8.      Deskripsi biji : Berbentuk bulat panjang yang terdiri atas kulit biji dan lembaga.
9.      Manfaat : Untuk menghindarkan diri dari serangan jantung, stroke dan kanker. Kopi juga dikonsumsi untuk mencegah penyakit Sirosis dan menghindarkan diri dari penyakit Parkinson.
4.       Asam Jawa (Tamarindus indica L.)
Kingdom Plantae
Divisio Magnoliophyta
Classis Magnolipsida
Ordo Fabales
Familia Fabaceae
Genus Tamarindus
Species Tamarindus indica L.
1.      Habitat : Tumbuh baik di daerah semi kering dan iklim muson basah, dapat tumbuh di kisaran tipe tanah yang luas. Dapat hidup di tempat bersuhu sampai 47°C, tapi sangat sensitif terhadap es. Umumnya tumbuh di daerah bercurah hujan 500 – 1.500 mm/tahun, bahkan tetap hidup pada curah hujan 350 mm jika diberi irigasi saat penanaman.
2.      Habitus : Herba.
3.      Deskripsi akar : akar tunggang (radix primaria) yang menembus ke dalam tanah.
4.      Deskripsi batang : Berbatang jelas, dengan batang yang biasanya keras dan kuat yang disebut dengan batang berkayu (lignosus). Bentuk batang bulat (teres), dengan pohon yang selalu tegak (fastigiatus).
5.      Deskripsi daun : Daun majemuk, yang lebih spesifik lagi merupakan daun majemuk menyirip genap karena saling berhadapan.. Duduk daun bergantian, daun majemuk dengan 8 – 18 pasang anak daun, panjang anak daun 1 – 3,5 cm.
6.      Deskripsi bunga : Bunga majemuk. Bunga termasuk bunga lengkap karena memiliki daun kelopak, daun mahkota, benang sari dan putik sebagai alat kelamin, dengan demikian juga disebut sebagai bunga hermaphrodite.
7.      Deskripsi buah : Merupakan buah polong yang tidak merekah ketika kering. Buahnya rapuh, dengan panjang 5 cm – 15 cm. Bentuk buah agak melengkung dan membungkus biji. Dalam setiap polong terdapat 1 – 10 biji yang dibungkus oleh daging buah yang lengket.
8.      Deskripsi biji : Panjang biji dapat mencapai 18 mm dan bentuknya tidak teratur. Umumnya berwarna kemerahan, coklat tua atau hitam berkilat dengan tekstur yang keras dan halus.
9.      Manfaat : Sebagai obat bisul, jerawat, gatal, nyeri haid, dan lain-lain.
5.      Sirsak (Annona muricata L.)
Kingdom Plantae
Divisio Magnoliophyta
Classis Magnoliopsida
Ordo Magnoliales
Familia Annonaceae
Genus Annona
Species Annona muricata L.
1.      Deskripsi akar : Berupa akar tunggang.
2.      Deskripsi batang : Berkayu dan berbatang keras.
3.      Deskripsi daun : Daun memanjang, bentuk lanset atau bulat telur terbalik, ujung meruncing pendek, seperti kulit, panjang 6-18 cm, tepi rata.
4.      Deskripsi bunga : Bunga berdiri sendiri berhadapan dengan daun dan baunya tidak enak. Daun kelopak kecil. Daun mahkota berdaging, 3 yang terluar hijau, kemudian kuning, panjang 3.5-5 cm, 3 yang terdalam bulat telur, kuning muda. Daun kelopak dan daun mahkota yang terluar pada kuncup tersusun seperti katup, daun mahkota terdalam secara genting. Dasar bunga cekung sekali. Benang sari banyak penghubung ruas sari di atas ruang sari melebar, menutup ruangnya, putih. Bakal buah banyak, bakal biji 1. Tangkai putik langsing, berambut kepala silindris.
5.      Deskripsi buah : Buah majemuk tidak beraturan, bentuk telur miring atau bengkok, 15-35 kali. Daging buah putih. termasuk buah semu, daging buah lunak dan empuk, berwarna putih, berserat, berbiji hitam pipih. Agak melengkung dan membungkus biji.
6.      Deskripsi biji : Biji dibungkus oleh daging buah yang lengket, yang umumnya dalam satu buah terdapat 1 – 10 biji. Panjang sampai 18 mm dengan bentuk tidak teratur. Berwarna kemerah – merahan, coklat tua atau hitam berkilat, dengan tekstur biji yang keras dan halus.
7.      Manfaat : Tanaman sirsak dapat digunakan sebagai bahan insektisida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar